Lebih bijaksana menggunakan fasilitas “kantor”

Membuat presentasi Power Point secara cepat

  1. Buat garis besar presentasi dalam format outline
  2. Lakukan  promote dan atau demote garis besar prsentasi menggunakan outline tools
  3. Simpan file outline yang selesai dibuat
  4. Gunakan Ribbon Quick Acces Toolbar, Send to Microsoft Office PowerPoint
  5. Secara otomatid file Word akan berubah menjadi file PowerPoint

 

Jika Send to Microsoft Office PowerPoint belum muncul di Ribbon Quick Acces Toolbar, lakukan langkah berikut

  1. Klik kanan pada Ribbon, yang terletak disudut kanan atas monitor
  2. Klik Customize Quick Acces Toolbar
  3. 3.    Pada bagian Choose Command Form pilih Command Not in the Ribbon
  4. Pilih Send to Microsoft Office PowerPoint≫Add≫OK
  5. Quick Acces Toolbar Send to Microsoft Office PowerPoint siap digunakan

 

Koneksi tampilan excel untuk presentasi

  1. Siapkan excel dalam bentuk tabel dan atau grafik
  2. Lakukan langkah sederhana Blok≫Copy≫Paste
  3. Lakukan pengaturan untuk menyesuaikan tampilan
  4. Cara ini hanya “menempel” tampilan data excel ke PowerPoint

 

Untuk koneksi data excel dalam presentasi lakukan langkah berikut

  1. Siapkan excel dalam bentuk tabel dan atau grafik
  2. Lakukan Insert≫Object≫Create form File≫Browse
  3. Pilih file excel yang datanya akan dikoneksikan, Insert
  4. Tabel dan atau grafik dalam file excel akan tertempel dalam slide PowerPoint
  5. Dengan cara di atas, jika dilakukan pengaturan (edit) dalam file excel yang terkoneksi maka secara otomatis tabel dan atau grafik dalam silde ikut berubah

 

Membuat presentasi foto

  1. Siapkan PowerPoint dan file foto yang akan dibuat presentasi
  2. Lakukan Insert≫ Photo Album>>New Photo Album
  3. Lanjutkan Insert Picture form: File/Disk
  4. Pilih foto yang akan dipresentasikan
  5. 5.    Lakukan pengaturan á, â atau Remove
  6. 6.    Lakukan pengaturan preview: rotasi, kecerahan dan kontras
  7. 7.    Jika diperlukan, lakukan pengaturan Album LayoutPicture Layout, Frame Shape dan theme
  8. 8.    Klik Create

 

Revisi Dokumen

Komentar perbaikan dokumen

  1. Tandai (blok) bagian yang akan di beri komentar
  2. ReviewNew Comment, ketik komentar pada comment box
  3. Lanjutkan untuk komentar berikut

 

Untuk perbaikan dokumen gunakan langkah berikut

  1. 1.    Sebelum melakukan perbaikan sebaiknya lakukan langkah Openpilih fileOpen as Copy
  2. Pilih Accept jika perbaikan dilakukan sesuai dengan komentar
  3. Pilih Reject jika tidak perlu perbaikan
  4. Secara otomatis perbaikan akan berpindah untuk komentar selanjutnya

 

Membandingkan dokumen yang sudah diperbaiki

  1. Untuk membandingkan dokumen asli dengan yang sudah direvisi lakukan langkah Comparebrowse Original documentbrowse Revised documentOK
  2. Lakukan pengaturan tampilan dengan klik Show Source Document
  3. Perbedaan dokumen ditandai dengan huruf warna merah (atau sesuai pengaturan yang dilakukan)

 

Melindungi dokumen

  1. Aktifkan dokumen yang akan dilindungi, dengan cara membuat dokumen baru dan atau membuka dokumen yang sudah ada.
  2. Klik Logo Word  yang ada di pojok kanan atas layar, Pilih Prepare Encript Document
  3. Masukkan password (sandi) OK
  4. Biasanya ada permintaan konfirmasi password. Ketik ulang password OK
  5. Simpan file yang sudah dilindungi
  6. Setelah melakukan langkah di atas, maka saat membuka file yang telah dilindungi akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password, jika password  yang dimasukkan salah maka file tidak dapat dibuka.

 

Membuat template

  1. Template digunakan membuat dokumen berulang-ulang berdasarkan tata-letak dan isi yang sudah disiapkan sebelumnya. Form kosong dalam template dapat digunakan sesuai kebutuhan.
  2. Buat dokumen baru, buat format sesuai kebutuhan (form kosong: kwitansi, amplop, kop surat dll)
  3. Simpan dokumen: SaveWord DocumentWord Template
  4. Untuk menggunakan: New≫New from existing≫pilih file template yang sudah dibuat sebelumnya
  5. Lakukan perubahan isian template, simpan seperti biasa

 

Membuat daftar isi

  1. 1.    Tuliskan judul≫Enter, lanjutkan pilih Home≫Styleheading 1
  2. Klik ReferencesTable Of ContentsPada sub menu disediakan beberapa pilihan style, pilih salah satu.
  3. Catatan: daftar isi akan otomatis terisi jika dokumen dibuat dengan Multilevel list (bulleting dan atau nubering)

 

Menandai dokumen dengan objek samar

  1. Aktifkan dokumen yang akan dilindungi, dengan cara membuat dokumen baru dan atau membuka dokumen yang sudah ada.
  2. Pilih: Page LayoutWatermarkPilih format yang tersedia
  3. Atau: Page LayoutWatermarkCostum Watermark, lakukan pengaturan, misal dengan menyisipkan gambar di layar. Klik Picture WatermarkSelect picture, lakukan pengaturan lain untuk ukuran gambar (Scale) dan transparasi gambar (Washout)
  4. Objek samar akan disisipkan secara otomatis disetiap halaman

 

Menulis Arab

  1. Lakukan Add ins QuranInWordInd dengan langkah berikut
  2. Download pluginnya bisa klik disini plugin di alamat web http://www.myquran.org/msword/
  3. Install plugin tersebut di komputer
  4. Setelah terinstal muncul Add Ins Alquran Pada Toolbar Al Quran, pilih Get Arabic + Translation
  5. Secara otomatis tulisan akan “diterjemahkan” dalam huruf arabic

vidoe tutorial sedang dibuat…tunggu ya 🙂