Riset 1

identifikasi STRUKTUR, VISKOSITAS INTRINSIK, dan MASSA molekul viskositas KOMPOSIT BUSA SEL TERBUKA POLYURETHANE MDI/PEG – EXPANCEL MICROSPHERE

http://www.mutr.co.uk

http://www.mutr.co.uk

Budi Legowo, Harjana, M. Masykuri, dan Iwan Yahya, Ika Maryani,
Chitra Ayu Respati Putri, Tri Cahyono, dan Linda Ikka Zain

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan komposit busa sel terbuka polyurethane MDI/PEG (methylene diphenylisocyanate/polyethylene glycol) dengan aditif expancel microsphere sebagai physical blowing agent. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan struktur kimia, viskositas intrinsik, dan massa molekul viskositas sebagai salah satu parameter penting untuk meramalkan karakter fisik komposit busa sel terbuka polyurethane MDI/PEG – expancel microsphere. Sintesis dilakukan menggunakan metode satu tahap (one step method). Identifikasi struktur kimia dilakukan menggunakan spektrometri FTIR, sedangkan viskositas intrinsik dan massa molekul viskositas diukur menggunakan viskometer Ostwald dengan pelarut tetrahydrofuran (THF) pada suhu kamar. Hasil penelitian menunjukkan reaksi antara 4,4-methylene diphenylisocyanate (MDI) dengan polyethylene glycol 400 (PEG-400) telah berhasil menghasilkan produk polyurethane yang dibuktikan terbentuknya pita serapan pada daerah 3300 cm-1 (regang N-H uretan), 1740 cm-1 (regang C=O uretan bebas), dan 1020 cm-1 (regang C-O-C) akibat adanya gugus uretan. Dilihat dari hubungan viskositas intrinsik dan massa molekul rata-rata viskositas dengan nisbah segmen keras/segmen lunak (HS/SS)  polyurethane, pada nisbah HS/SS 1,0 sampai 1,3, semakin besar nisbah HS/SS mampu meningkatkan viskositas intrinsik dan massa molekul polyurethane. Hal ini disebabkan penambahan HS dalam reaksi menyebabkan rantai polimer bertambah panjang. Penambahan MDI lebih lanjut menyebabkan MDI tersebut sukar bercampur dan bereaksi dengan rantai polyurethane yang sudah ada. Dengan demikian panjang rantai relatif tidak berubah dan viskositas intrinsiknya pun relatif tetap. Massa molekul viskositas komposit busa sel terbuka polyurethane MDI/PEG (methylene diphenylisocyanate/polyethylene glycol) dengan aditif expancel microsphere berdasarkan persamaan Mark-Houwink-Sakurada berkisar antara 2,7. 105 – 4,5. 105.

Kata kunci: struktur kimia, viskositas intrinsik, massa molekul viskositas, busa polyurethane MDI/PEG, expancel microsphere.

Jurusan Fisika FMIPA dan Program Studi Kimia PMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret