Skip to toolbar

Meletus balon ‘hijau’

Inspirasi saat mendapingi up-grading HIMAFIS tahun 2006…..

Berbekal sisa mainan anak saya…BALON…ternyata bisa jadi permainan yang heboh. Ditambah beberapa pelatihan lain…mainan ini makin heboh tiap digunakan dalam event apapun, karena semua balon PASTI meletus.

Pertama, buat peserta dalam kelompok 4 sampai 5 orang, siapkan balon sesuai jumlah (lebihkan untuk cadangan bila meletus sebelum waktunya.

Kedua, untuk menarik perhatian peserta awali dengan sedikit sentuhan dengan mengajak peserta meniup satu balon bergantian .  Berikan ilustrasi dan yakinkan bahwa kontribusi tiap peserta akan memajukan institusi..gambarkan dengan dua tiupan tiap peserta akan membuat balon tertiup sangat besar..lain halnya kalau ditiup sendirian.

Tidak usah khawatir kalau semua peserta tidak mau melakukan…karena ini hanya upaya menarik perhatian mereka.  Yakinkan peserta bahwa kontribusi untuk memajukan institusi tidak harus seragam..tapi harus sesuai tugas dan fungsi masing-masing ( ungkapan ini untuk memaksa salah satu anggota kelompok meniup, sementara yang lain memberi support..yel-yel, tepuk tangan, atau…..)

Ketiga, (ini bisa disampaikan untuk memberi gambaran menjalankan visi, misi institusi) setelah masing-masing kelompok meniup balonnya, minta tiap kelompok membentuk lingkaran (rapat) lalau dengan ujung jari (pastikan hanya satu ujung jari) masing-masing peserta diminta menjaga balon agar tidak terjatuh.  Secara perlahan minta peserta mengangkat balon tinggi-tinggi (gambaran tujuan institusi yang harus di capai, setinggi-tingginya)

Prof. Anitah, Prof. Tarno main balon

Prof. Anitah, Prof. Tarno main balon

Keempat,  agar lebih seru, siapkan jarum (untuk mengganti ujung jari tiap peserta). Yakinkan peserta bahwa persaingan makin berat,  resiko semakin tinggi tapi visi-misi institusi tetap harus dicapai. Banyak reaksi timbul, perhatikan akan muncul “pemimpin” dalam kelompok yang menyakinkan tiap anggota lain untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan.  Dengan distribusi rata dari tiap jarum “pasti” ada yang mampu mendorong balon setinggi-tingginya.  Tidak perlu risau bila akhirnya tidak ada kelompok yang berhasil dan semua balon M  E  L  E  T  U  S  !   !   !   !   !