“Kapal” tusuk gigi

Ngobrol tegangan permukaan lagi.  Siapkan bak air kecil (boleh mangkuk, boleh piring) dan beberapa tusuk gigi.  Air dan detergen (boleh colek, bileh cair).

Isi mangkung dengan air (pastikan sebelum digunakan mangkuk dalam kondisi bersih dan kering) setengah penuh biar nggak becek sana-sini. Masukkan dua tusuk gigi, pastikan mengambang di permukaan air. “Kapal” tusuk gigi akan berlayar dengan tenang.

Kita akan coba buat salah satu melaju lebih cepat…

Ambil satu tusuk gigi (lagi) dan basahi ujungnya dengan sabun..celupkan perlahan didekat ujung salah satu ujung “kapal” tusuk gigi kita…Nahhhh…salah satu kapal akan melaju dengan kencang..bisa diulang beberapa kali (sampai puas…bisa bikin balapan biar tambah seru)

Kenapa???

Ada gaya yang menahan tusuk gigi tetap tenang dipermukaan air.  Detergen akan merusak homogenitas distribusi gaya permukaan ini.  Detergen disebut agensia aktif permukaan atau surfaktan.  Akumulasi dipermukaan cairan akan menurunkan tegangan permukaan.  “Pecahnya” tegangan permukaan disalah satu ujung “kapal” akan menggerakkan sesuai arah pecahnya “hambatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar