Angkat tangan kiri

Mainan Pak Dhe Harno (Drs. Suharno, M.Pd.) yang selalu ampuh untuk peregangan di pagi hari atau membangunkan peserta pelatihan disore hari.  Butuh ruang agak luas, bisa di lapangan (kalau pagi) atau dalam kelas (mengelilingi meja..kalau siang).

Minta semua pesertaa berdiri melingkar…mulai dengan senam kecil (gerakan-gerakan ringan, ayun kepala, melangkah depan-belakanga..dst…dsb)…selanjutnya minta peserta mengangkat tangan kanan dan kiri setinggi-tingginya bergantian dan bersama-sama (sekedar memberikan variasi).

Tetap dalam posisi melingkar…minta peserta saling bergandengan tangan (erat)…selanjutnya minta semua peserta mengangkat tangan kiri…karena bergandengan, semua tangan (kanan dan kiri) akan terangkat bersama..agar lebih seru minta peserta menurunkan tangan kiri (karena tidak sesuai perintah). Ganti minta peserta mengangkat tangan kanan…kejadian serupa akan terjadi lagi.

Tambahan isnspirasi, setelah melihat permainan ini tiga sesi pelatihan pekerti-aa di LPP

Beri waktu sebentar bagi peserta untuk memikirkan cara supaya mereka bisa melakukan gerakan mengakat tangan sesuai perintah yang diberikan. Biarkan peserta diskusi, mencoba dan melakukan kegiatan antar mereka (jangan lama-lama…waktu habis!!)

Pastikan jumlah peserta genap (kalau ganjil masuk-lah dalam lingkaran untuk menggenapi)…selanjutnya minta peserta berhitung urut sesuai barisan dalam lingkran, minta yang bernomor (berhitung) genap untuk balik badan (menghadap keluar lingkaran).  Minta kembali bergandengan erat.  Ulangi perintah mengangkat tanan…TARAAAAAAA….semua bisa mengangkat tangan sesuai perintah yang diberikan.

Ajak semua tepuk tangan untuk atas keberhasilan yang dicapai

Makna “angkat tangan kiri”

Tim akan dapat bekerja sama bila ada yang mau mengerti dan bisa “mengalah” (dengan balik badan) untuk mencapai tjuan bersama.  Selama masing-masing mempertahankan pendirian (tetap menghadap dalam lingkaran) tujuan tim  tidak akan tercapai.